Ayo Jelajahi Banten, Surga Tanah Jawara
Telusuri keindahan alamnya, ragam seni budaya-nya,
kekayaan sejarahnya, dan kelezatan kulinernya
Home » » Wisata Pulau Sangiang Banten

Wisata Pulau Sangiang Banten

Written By Unknown on Senin, 11 April 2016 | 06.31.00

Wisata Pulau Sangiang Banten
Wisata Pulau Sangiang Banten. Banten memiliki banyak objek wisata menarik yang layak dikunjungi. Mulai dari wisata sejarah, religi, atraksi kesenian tradisional hingga objek wisata alam. Salah satu yang terkenal dari wisata alam di Banten adalah pantai dan pulau. Banyak wisata pantai dan pulau yang begitu terkenal di Banten. Sebut saja pulau Umang, Handeleum, Peucang yang memiliki fasilitas internasional dan keindahan alam yang sangat menakjubkan. Pantai Tanjung Lesung, pantai Sawarna, pantai Bagedur yang alamnya masih asri dan alami. Hingga yang paling terdekat dari ibukota dan biasa dikunjungi untuk liburan singkat biasanya pantai Anyer dan pantai Carita. Dari sekian banyak wisata pulau dan pantai, ada satu tempat eksotik yang letaknya tidak jauh namun lumayan terpencil sehingga tidak terlalu banyak wisatawan yang datang kesana. Tempat tersebut biasa disebut dengan nama pulau Sangiang.
Pulau sangiang ini secara administratif terletak di desa Cikoneng kecamatan Anyer kabupaten Serang provinsi Banten. Letaknya di selat sunda atau sekitar kurang  lebih 10 Km dari pantai Anyer. Pulau Sangiang ini merupakan Taman Wisata Laut yang terletak di Banten. Beberapa wisatawan yang sudah berkunjung kesana banyak yang menyebutnya sebagai Seven Wonders of Banten. 
Julukan Seven Wonders of Banten yang diberikan pada pulau Sangiang bukan tanpa sebab. Pulau eksotik ini menawarkan banyak keindahan wisata di Banten. Pulau ini memiliki beberapa pantai yang indah. Jika berkunjung ke pulau ini, anda dapat melihat berbagai macam tanaman khas seperti dadap laut, cemara laut, ketapang bayur, api-api, waru laut, nyamplung dan walikukum. Selain itu juga terdapat berbagai macam hewan yang dilindungi seperti dara laut, elang laut, belibis, burung camar serta berbagai biota laut lainnya juga menjadi daya tarik tersendiri bagi pulau Sangiang. Ditambah pulau pantaiyang berpasir putih serta air laut yang jernih berpadu sempurna dengan hijaunya pepohonan yang tumbuh disekitar pulau ini menjadikannya semakin eksotis dan menawan.
Wisata Pulau Sangiang Banten
Di pulau ini terdapat beberapa pantai indah seperti Legon Waru dan Tanjung Raden yang terdapat di bagian selatan pulau ini. Di pantai ini anda dapat bersantai di pantai, bermain air serta pasir dengan leluasa. Di pantai ini pula anda dapat melakukan snorkling dan menyelam menggunakan alat pernapasan sehingga anda dapat lebih lama menikmati keindahan alam bawah laut pulau ini. Di Tanjung Raden, anda dapat melihat keindahan berbagai biota laut dengan menggunakan Glass Bottom Boat. Selain itu juga terdapat Pantai Pasir Panjang dan Pantai Batu Mandi yang terletak di pesisir selatan dan barat pulau Sangiang ini. Bosan bermain di pantai, ada pula objek wisata gua kelelawar. Yang menuju kesana anda harus melalui hutan yang jarang terjamah.
Jika ingin menuju pulau ini, anda dapat menempuh perjalanan sekitar 2-3 jam menuju Anyer lalu menyebrang ke pulau Sangiang menuju pantai Manuk yang terdapat di Anyer. Penyebrangan menuju pulau Sangiang sekitar 1 jam. Biasanya banyak jasa travel yang menawarkan perjalanan ke pulau sangiang dengan tarif sekitar Rp 400.000 hingga Rp 600.000 per orang belum termasuk harga penyewaan peralatan snorkeling. Lihat juga Masjid Agung Banten.
SHARE

About Unknown

0 komentar :

Posting Komentar